Rabu, 23 April 2014

Proposal Alsintan Traktor



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Dewasa ini telah banyak inovasi pertanian hasil penelitian dan pengkajian Badan Litbang Pertanian yang dapat dikembangkan guna mendukung pengembangan agribisnis. Ciri teknologi yang berorientasi agribisnis adalah mampu: (1) meningkatkan efisiensi dan cost effectiveness produksi melalui teknologi inovatif, (2) menekan biaya produksi dan meningkatkan kualitas produk, (3) menghasilkan produk primer berkualitas tinggi dengan standar harga pasar yang baik, (4) mengurangi kehilangan hasil pada saat pra panen dan pasca panen, (5) mengolah by-product menjadi produk bernilai tambah, (6) mempertahankan produktivitas dan kualitas produksi, serta suplai produk ke pasar secara berkesinambungan, dan (7) mampu memperbaiki kualitas kemasan untuk transportasi (Budianto, 2002).
Dalam mengimplementasikan kebijakan Program Pembangunan di bidang Pembangunan Pertanian terutama dalam peningkatan produksi pertanian, peningkatan pendapatan petani dan menunjang program pengentasan kemiskinan. Maka kami Kelompok tani Kubang yang berada di Desa Tenjolayar Kecamatan Cigasong Kabupaten Majalengka merasa termotivasi  untuk turut serta berpartisipasi dan mendukung program peningkatan pembangunan pertanian terutama dalam Program Peningkatan Beras Nasional (P2BN).
Desa Tenjolayar memiliki potensi ketersediaan lahan yang cukup luas dan belum dimanfaatkan secara optimal. Sebagian lahan potensi tersebut merupakan lahan sub optimal seperti lahan tegalan, kebun/hutan rakyat dan  pekarangan yang produktivitasnya relatif rendah, karena kendala kekurangan air, jenis tanah yang kurang subur serta keberadaan sebagian lahan di daerah lereng dataran menengah. Namun apabila keberadaan lahan sub optimal tersebut dapat direkayasa dengan penerapan inovasi teknologi budidaya dan dukungan infrastruktur jalan dan irigasi, maka lahan tersebut dapat dirubah menjadi lahan-lahan produktif.  Di samping itu dapat pula dilakukan perluasan areal tanam melalui peningkatan intensitas pertanaman (IP) pada lahan subur beririgasi dengan varietas unggul baru. Potensi tersebut merupakan peluang bagi peningkatan produksi tanaman dan ternak apabila dapat dirancang dengan baik pada pelaksanaannya.
Luas wilayah keseluruhan Desa Tenjolayar sekitar 360,003 ha, diantaranya terdiri dari 68,307 ha lahan sawah dan 291,696 ha lahan darat, rincian lahan dapat dilihat pada Tabel 1 dan Tabel 2.  Dari luas lahan darat, pembagian lahan berdasarkan penggunaannya luas terbesar merupakan lahan tegalan sekitar 97 ha dan perkebunan rakyat seluas 91 ha. Dengan demikian masih terbuka peluang untuk perluasan areal pertanian yang masih memerlukan inovasi khusus. Di samping itu, hingga saat ini lahan pekarangan yang belum termanfaatkan cukup luas.
Sedangkan luas areal garapan Kelompok Tani Kubang desa Tenjolayar Kecamatan Cigasong Kabupaten Majalengka ± 29 ha dengan jumlah anggota sebanyak 40 orang. Komoditi utama yang diusahakan yaitu padi, jagung dan ubi jalar serta jahe di usahakan dengan skala luasan yang kecil. Pola tanam yang dilaksanakan setiap tahun yaitu sebagian besar padi – padi – palawija, dan sisanya padi – padi – padi.
Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Majalengka mencanangkan target peningkatan produksi tanaman pangan khususnya padi sebesar 5 %.  Dengan demikian, salah satu upaya guna mendukung program pencapaian swasembada, pengembangan agribisnis, ketahanan pangan serta mendukung Program Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN) sebesar 10 jutan ton pada tahun 2014 adalah melalui pengadaan alat mesin pertanian dari mulai pengolahan lahan sampai penanganan panen dan pasca panen pada komoditas strategis seperti padi.
Sehubungan dengan hal tersebut di atas, maka kami memohon dengan sangat bantuan hand tracktor dan pompa air untuk mempercepat pengolahan tanah, menekan biaya produksi dan menanggulangi ketersediaan air pada musim kemarau, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan para petani.

B.    Maksud Dan Tujuan
Maksud dan Tujuan pengajuan proposal ini antara lain :
1.     Mendorong motivasi anggota dalam berusaha tani
2.     Meningkatkan Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan
3.     Meningkatkan kinerja usahatani melalui pemberdayaan tenaga kerja
4.     Meningkatkan pendapatan petani

C.    Hasil Yang Diharapkan
Terwujudnya proposal ini, diharapkan akan memberikan hasil dan dampak antara lain :
1.     Meningkatnya motivasi anggota kelompok dalam berusahatani
2.     Meningkatnya pengetahuan, sikap, dan keterampilan anggota dalam berusahatani
3.     Meningkatnya produktivitas dan kinerja usahatani melalui pemberdayaan tenaga kerja
4.     Secara jangka panjang, pendapatanpetani mengalami peningkatan





BAB II
POTENSI SUMBER DAYA DAN PERMASALAHAN

A.    Sumber Daya Alam
Potensi lahan usahatani Desa Tenjolayar Kecamatan Cigasong Kabupaten Majalengka terdiri dari lahan sawah dan lahan darat.  Luas lahan sawah sekitar  23,4 % dari keseluruhan wilayah Desa Tenjolayar yaitu 68,307 ha.  Komoditi utama yang dibudidayakan di lahan sawah antara lain yaitu ; padi, jagung, ubi jalar, dan bawang merah.   Perincian luas lahan sawah dilihat dari segi pengairannya disajikan pada Tabel 1 di bawah ini.
Tabel 1.         Luas Lahan Berdasarkan Pengairannya
No.
Jenis Irigasi
Luas (Ha)
Keterangan
1.
Irigasi Teknis
-

2.
Irigasi ½ Teknis
65,307

3.
Pengairan Pedesaan
-

4.
Tadah Hujan
3


Jumlah
68,307

Sumber : Profil Desa Tenjolayar Tahun 2011.
Desa Tenjolayar memiliki Luas lahan darat yang lebih luas dibandingkan dengan luas lahan sawah, kurang lebih sekitar 76,6 % atau sekitar 291,696 ha dari keseluruhan Luas wilayah desa.  Pembagian lahan darat menurut status penggunaannya terdiri dari :  Pemukiman, Tegalan, Fasilitas Umum, Perkebunan Rakyat, dan Kolam yang diperinci pada Tabel 2.
Tabel 2.         Luas Lahan Darat Menurut Status Penggunaannya
No.
Pembagian Lahan
Luas (Ha)
Keterangan
1.
Pemukiman
75,479

2.
Tegalan
97,00

3.
Fasilitas Umum
28,217

4.
Perkebunan Rakyat
91,00

5.
Kolam
3,00


Jumlah
291,696

Sumber : Profil Desa Tenjolayar Tahun 2011.
Tabel 3.         Keadaan Pola Tanam Di Wilayah Binaan
No.
Jenis Lahan
Pola Tanam
Luas (ha)
Kelompok Tani
1.
Sawah
Padi – Padi – Padi
20
2


Padi – Padi – Palawija
34
2


Padi – Palawija – Bera
11
1
2.
Tegalan
Palawija – Palawija – Bera
20
2

Jumlah

85


B.    Sumberdaya Manusia
Jumlah Penduduk Desa Tenjolayar sebanyak 3.844 orang, terdiri dari laki-laki 1.831 orang dan perempuan 2.013 orang dengan jumlah kepala keluarga (KK) sebanyak 1.307 KK.  Bila ditinjau dari aspek mata pencaharian penduduk Desa Tenjolayar tahun 2011 antara lain ; Karyawan swasta, pedagang/wiraswasta, PNS, TNI, jasa dan lain-lain.  Untuk lengkapnya struktur mata pencaharian penduduk Desa Tenjolayar dapat dilihat pada Tabel 4.
Tabel 4.         Jumlah Penduduk Berdasarkan Mata Pencaharian
No.
Jenis Matapencaharian
Jumlah (orang)
Keterangan
1.
Petani
2.735

2.
Karyawan Swasta
179
3.
Pedagang/wiraswasta/pengusaha
118
4.
PNS/TNI-POLRI/Pamong Desa
164
5.
Jasa
51
6.
TKI
-
7.
Pensiunan
-

Jumlah
3.247

Sumber : Profil Desa Tenjolayar Tahun 2011.
Besarnya mata pencaharian penduduk Desa Tenjolayar kurang lebih 84,33 % pada sektor pertanian hal ini ditunjang oleh lahan yang cukup luas yang dapat dimanfaatkan sebagai lahan pertanian baik lahan  sawah maupun lahan darat yang diusahakan di bidang pertanian.
C.    Permasalahan
Dalam meningkatkan produksi hasil pertanian terutama padi, di Desa Tenjolayar khususnya di Kelompok tani Kubang masih terdapat beberapa permasalahan yang sifatnya mendesak dan memerlukan penanganan pemecahan masalahnya, antara lain yaitu :
1.     Produktivitas lahan yang semakin menurun sebagai akibat intensifikasi yang berlangsung secara terus menerus tanpa memperhatikan pengaruh terhadap lingkungan.
2.     Kekurangan tenaga kerja pada saat musim tanam dan panen tiba sehingga sering terjadi keterlambatan tanam maupun panen.
3.     Kehilangan hasil panen yang masih tinggi sebagai akibat sistem panen dan perontokan dengan gebot.
4.     Berkurangnya debit air pada saat musim kemarau.


D.  PROFIL KELEMBAGAAN

1.       Nama Kelompok                                          :  Hamparan Usahatani KUBANG
Sub Kelompok                                             :  Kubang Sari (Lumbung Pangan Masyarakat)
2.       Waktu Berdiri                                               :  1980
Pengukuhan                                                 :  2010
3.       Kelas Kelompok                                          :  Lanjut
4.     Alamat                                               :    Dusun Kubangsari Desa Tenjolayar Kec.      Cigasong Kabupaten Majalengka
5.       Jumlah Anggota                                          :  40 orang
6.       Luas Hamparan                                           :  29 ha
7.       Komoditi Unggulan                                     :  padi sawah, jagung, dan ubi jalar
8.       Kepengurusan                                             : 
a.       Ketua                                                     :  Karta
b.       Sekretaris                                              :  Wawan Mulianto
c.        Bendahara                                            :  Suharma
d.       Seksi-seksi
-       Sarana Produksi                          :  Rosid
-       Usaha                                            :  Warsa
-       Pemasaran                                   :  Casmita
-       Alsintan                                         :  Sunar
-       Mitra Air                                         :  Sarkim
-       Humas                                           :  Duyeh
9.       Kekayaan Kelompok
a.       Simpanan Pokok                                 :  Rp.   5.000.000,00
b.       Simpanan Gabah                                                :  Rp.   7.600.000,00
Jumlah                                                      Rp. 12.600.000,00
10.    Kelengkapan Administrasi
a.       Buku Pengurus/anggota                    :  Ada
b.       Buku Rencana Kerja                          :  Ada
c.        Buku Kegiatan                                     :  Ada
d.       Buku Pertemuan                                  :  Ada
e.       Buku Daftar Hadir                                                :  Ada
f.         Buku Notulen Rapat                           :  Ada
g.       Buku Tamu                                           :  Ada
h.       Buku Kas                                               :  Ada
i.         Buku Simpanan                                   :  Ada
j.         Buku Pinjaman/Pembayaran            :  Ada
BAB III
PELAKSANAAN KEGIATAN

1.       Kapasitas Pengajuan
Adapun kapasitas pengajuan antara lain : 1 (satu) unit traktor, 1 (satu) unit mesin pompa.
2.       Tahapan Kegiatan
a.       Persiapan dan Sosialisasi
Tahap awal kegiatan berupa persiapan dan sosialisasi mencakup kegiatan-kegiatan pertemuan kelompok, identifikasi permasalahan dan gagasan serta penyusunan rencana yang akan dilaksanakan secara partisipatif dan dihadiri oleh seluruh anggota.  Perencanaan yang disusun berupa pembuatan proposal, mobilisasi sumberdaya dan pengajuan proposal.
b.       Pelaksanaan Kegiatan
Implementasi program dilaksanakan setelah proposal disetujui oleh pihak yang berkompeten dan mencakup pengembangan kapasitas, dalam hal ini dilakukan pelatihan keterampilan teknis penggunaan alsintan dan keterampilan manajemen usaha.
c.       Pengawasan dan Evaluasi
Pengawasan dan evaluasi dilakukan secara partisipatif dan berkelanjutan, dalam hal ini dilakukan melalui pertemuan rutin kelompok yang khusus diselenggarakan untuk maksud tersebut. Pertemuan dilaksanakan secara berkala setiap bulan dengan materi pembahasan meliputi evaluasi terhadap kinerja usaha berdasarkan sistem pembukuan dan dinamika pemanfaatan alsintan.














BAB IV
PENUTUP

Demikian Proposal ini kami sampaikan untuk menjadi bahan pertimbangan Bapak Gubernur Provinsi Jawa Barat dalam rangka mendorong kemandirian masyarakat Desa Tenjolayar Kecamatan Cigasong Kabupaten Majalengka, Khususnya Kelompok Hamparan Usaha Tani Kubang, melalui upaya peningkatan kinerja usahatani dengan memberikan dukungan berupa pengadaan traktor dan pompa air.  Besar harapan kami usulan ini dapat direalisasikan, sehingga dapat berperan serta aktif pada rencana kerja target pencapaian produksi pada Program Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN) surplus 10 juta ton beras pada tahun 2014.


Tenjolayar,  02  Januari 2012
Ketua Kelompok
Kubang




KARTA

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | JCPenney Coupons